Skip navigation

Judul Asli : Tembok Cina Dibuat Muslim (Zulkarnain)
Sumber : http://www.indonesia.faithfreedom.org

Mereka berkata: “Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?” (Q.S. Al Kahfi 18: 94)

Sekitar 50 km di utara Beijing, ada sebuah desa di kaki bukit bernama Badaling. Dari sinilah para turis memasuki pintu gerbang menuju Tembok Besar Cina (The Great Wall). Pemandangan dari atas tembok sangat indah. Tembok sepanjang 6000 km itu konon bisa terlihat dari bulan. Banyak orang menyangka itulah tembok yang dibuat oleh Zulkarnain dalam surat Al Kahfi. Dan yang disebut Ya’juj dan Ma’juj adalah bangsa Mongol dari Utara yang merusak dan menghancurkan negeri-negeri yang mereka taklukkan. Mari kita cermati kelanjutan surat Al Kahfi ayat 95-98 tentang itu.

Zulkarnain memenuhi permintaan penduduk setempat untuk membuatkan tembok pembatas. Dia meminta bijih besi dicurahkan ke lembah antara dua bukit. Lalu minta api dinyalakan sampai besi mencair. Maka jadilah tembok logam yang licin tidak bisa dipanjat.

Ada tiga hal yang berbeda antara Tembok Cina dan Tembok Zulkarnain.

Pertama, tembok Cina terbuat dari batu-batu besar yang disusun, bukan dari besi.

Kedua, tembok itu dibangun bertahap selama ratusan tahun oleh raja-raja Dinasti Han, Ming, dst. Sambung-menyambung.

Ketiga, dalam Al Kahfi ayat 86, ketika bertemu dengan suatu kaum di Barat, Allah berfirman, “Wahai Zulkarnain, terserah padamu apakah akan engkau siksa kaum itu atau engkau berikan kebaikan pada mereka.” Artinya, Zulkarnain mendapat wahyu langsung dari Tuhan, sedangkan raja-raja Cina itu tidak. Maka jelaslah bahwa tembok Cina bukan yang dimaksud dalam surat Al Kahfi. Jadi di manakan tembok Zulkarnain?

Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir The Holy Qur’an menulis bahwa di distrik Hissar, Uzbekistan, 240 km di sebelah tenggara Bukhara, ada celah sempit di antara gunung-gunung batu. Letaknya di jalur utama antara Turkestan ke India dengan ordinat 38oN dan 67oE. Tempat itu kini bernama buzghol-khana dalam bahasa Turki, tetapi dulu nama Arabnya adalah bab al hadid. Orang Persia menyebutnya dar-i-ahani. Orang Cina menamakannya tie-men-kuan. Semuanya bermakna pintu gerbang besi.

Hasil dari Google Earth :

View 00 Ordinat 380N 670E

View 750 Ordinat 380N 670E

View 750 Ordinat 380N 670E

Sekarang sudah tidak ada dinding besi di sana, tetapi Hiouen Tsiang, seorang pengembara Cina pernah melewati pintu berlapis besi itu dalam perjalanannya ke India di abad ke-7. Tidak jauh dari sana ada danau yang dinamakan Iskandar Kul. Di tahun 842 Khalifah Bani Abbasiyah, al-Watsiq, mengutus sebuah tim ekspedisi ke gerbang besi tadi. Mereka masih mendapati gerbang di antara gunung selebar 137 m dengan kolom besar di kiri kanan terbuat dari balok-balok besi yang dicor dengan cairan tembaga, tempat bergantung daun pintu raksasa. Persis seperti bunyi surat Al Kahfi. Pada Perang Dunia II, konon Winston Churchill, pemimpin Inggris, mengenali gerbang besi itu. Subhanallah.

Bagaimanapun ini masih berupa spekulasi yang perlu diteliti lebih mendalam. Para arkeolog muslim harus terus mencari lagi tembok itu di berbagai tempat lain berdasarkan artefak-artefak dan dongeng rakyat di pelosok dunia yang mirip-mirip uraian Allah dalam surat Al Kahfi tadi. Jangan cepat-cepat berkata bahwa Kisah Zulkarnain di surat Al Kahfi hanyalah tamsil ibarat yang tidak perlu ada kenyataannya. Bahwa ayat Al Quran cukup untuk dibaca dan diimani saja. Wah, bukankah pendapat semacam ini sangat gegabah, menganggap Allah hanya mendongeng? Astaghfirullah. Kita harus yakin bahwa setiap kisah dalam Al Quran adalah benar. Dan kita ditantang untuk membuktikannya dalam rangka memuliakan agama Allah.

Wallahu a’lam

—– 0O0 —–

Artikel lain :

About these ads

    • eMPEROR CHENLIN
    • Posted Mei 18, 2009 at Senin, Mei 18, 2009
    • Permalink

    WOI!!!
    Tak Tau MAlu YA?!
    SEEnaK U AJA
    NGAKU2 MUSLIM YG BUAT TMBOK CINA
    KAISAR HUANG TI
    YANG MEMBUATNYA TAU!!
    DASAR TAK TAU MALU U!!

    Mbah Jogo :
    Terima kasih atas responnya……
    Mohon untuk dibaca lebih teliti…. agar bisa memahami dari makna artikel diatas.
    ADA TIGA PERBEDAAN ANTARA “TEMBOK CHINA” DENGAN “TEMBOK ZULKARNAIN”

    Semoga Tuhan mengampuni atas segala kekurangan dan agar menjadikan kita sebagai orang yang lebih bijak.

    Salam,

    • atty
    • Posted September 4, 2009 at Jumat, September 4, 2009
    • Permalink

    orang tu tak baca ngan teliti, ntah2 dia bca headlinenya saja.. “Tembok China bukan Tembok Zulkarnain”

    • chen
    • Posted Oktober 18, 2009 at Minggu, Oktober 18, 2009
    • Permalink

    payah tuh org,baca dulu semuanya om…
    lagian mau islam keq mau siapa keq yg buat terserah om…yg pntg sama2 manusia.klo hewan yg buat tembok china baru diprotes..

  1. ber lek ojo kakean mbacot sek..!!! di baca sampe selesai baru ngasih komen, cangkeman…

  2. yang ng tau malu kamu… baca belum selesai komen….nyangkem sampluk pisan modar kon..

    • aiza
    • Posted November 24, 2009 at Selasa, November 24, 2009
    • Permalink

    gitu aja ribut….
    norak deh….

    • jaselin.fransisca
    • Posted November 26, 2009 at Kamis, November 26, 2009
    • Permalink

    cuape d!!!!!ngk bc tp ngasi komen.ngiri x ga bsa bkn tulisan bgs.ga tau malu bngt si

    • romo
    • Posted Desember 4, 2009 at Jumat, Desember 4, 2009
    • Permalink

    keren tuh tulisanya, mas emepor c tuh kali yang gak paham, gw setuju bgt tuh ama cerita diatas keren, good, good, good……

  3. Bikin penasaran dan penuh misteri..
    Sangat menarik sekali..

    • jazmyn anjani
    • Posted Desember 14, 2009 at Senin, Desember 14, 2009
    • Permalink

    mmmmmm….

    Q jg pnah dgr hal yg sama….
    tntg ya’juj dan ma’juj….
    tntg manusia kanibal
    yang sangat brutal,,,,

    N klw dlht dgn sgala kmungkinan….
    mmg tembok cina itu persis dgn apa yang tlh dibuat oleh Zulkarnain.

    dan Q jg sdkt sependapan dgn Ka”….

    so, good luck yah….

    smoga cina baik” sj….
    tak ada gempa atw bencana yang mretakkan tembok itu,,

    shingga menyebabkan ya’juj dan ma’juj dpat kluar dan membinasakan umat manusia….

    Amin….

  4. asalamu’alaikum, nama saya riyan hidayat dari pandeglang,setahu saya tembok raksasa di china memang bukan julkarnain yang buat tapi seorang kaisar di china, jujur saya tidak suka dengan komentar chelin yang seolah-olah merendahkan harga diri orang muslim, saran saya kalau mau komentar yg bener di teliti dulu dan di pikir 2x omongannya bener apa enggak kalau mau komentar liat dulu yg di komontarinya apa dan di baca dengan jelas, jangan sampai salah pendapat, sekarang pertanya’an saya yg tahu malu itu chelin atau siapa, salam saya riyan hidayat.

  5. Tembok cina, siapa tau hanya thamrin kita semua, kalau yg sempat memahami makna Al-quran bagus, karena qur,an gak bisa diakademiskan, cuma kalau akademis, dah pasti ada di al-qurannya. cuma saya ragu, kalau tembok cina sebagai pertahanan suatu kaum pada zamannya, disamping terjal dan tandus, kan gak ada subur2nya amat. belajarlah sampai ke negeri Cina, maksudnya mungkin, hancurkan tembok2 yg ada di diri kita, tembok sombong, tembok pamer, tembok kemalasan, tembok keragun. tuh dibuktikan, tembok sepanjang dan seterjal itu, bisa dikonkritkan…, yg katanya dibuat jaman kebodohan..! ternyata kita yg masih bodoh…, buktinya.., dah ratusan taon masih belum gamblang tentang tembok cina. Untuk pak Ryan, bisa ditanyakan ke Abah Sukanta, Abah Djuprie di Batucai Labuan Pandeglang atau Abah Muh Yusuf Kotabumi Tangerang. Insya Allah terjawab semua yg diragukan, tentang tembok cina//Salam//Supangat Samari dari kudus jateng.

  6. alqur’an berkata ” bacalah ” maka orang itu akan mendapatkan pengetahuan karnanya,dan berkomentarlah jika memang itu tidak sesuai dengan pemahaman anda.karna orang bijak berkata ” bila kata tak lagi bermakna lebih baik diam saja ” that all

  7. baca dulu baru komentar tauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  8. ngak usah di baca kebanyakan pemahaman nanti malah keliru. hahahahahah,,… memang bodoh yang ngasih judul ‘misteri tembok raksasa china di buat julkarnain hahahahahahah,,… judulnya itu yang salah astul (asal tulis). goblok di pelihara julkarnain itu paman gua tapi tukang kayu bukan tukang besi atau batu hahahahahhaah,,… kasian.

    • indah
    • Posted Juni 2, 2010 at Rabu, Juni 2, 2010
    • Permalink

    yang namanya misteri itu hanya ucapan manuasia aja .karna manusia yang berkata bgitu hanya penakut.itu hanya tuhan yang tau dan itu ciptaan dan kekuasaanya,dan tidak ada manusia yang mengetahui ada apa dibalik kisah ini

    • Raina
    • Posted November 2, 2010 at Selasa, November 2, 2010
    • Permalink

    ya Allah,,,itu adja ribut,,,yg beri komen baca g sih??atau…cm baca judulnya adja…
    masalah judul itukan terserah yg nulis…upaya utk menarik minat pembaca blog’a.fine2 adja tu saya rasa.makanya…jadikan diri sndiri gudang ilmu,,dah tu br di perbincangkan,,jgn malah menggunjing seperti itu…sakit hati ya sama umat muslim??tp jagalah akhlak yg didapatkan dr Tuhan,,,ngakunya umat Tuhan yg mulia,,tp hati kq kyk gak punya tuhan..??

    • pathetic handy
    • Posted Januari 22, 2011 at Sabtu, Januari 22, 2011
    • Permalink

    ” ALLAHU AKBAR ”
    peace for all human kind what ever ur rasis.
    and think how we can forward together to the better world and for the final destination (SYURGA TA’ALAA) ^_^ sok-sok an pke bhasa inggris neh !

    • handy
    • Posted Januari 29, 2011 at Sabtu, Januari 29, 2011
    • Permalink

    dengan adanya hal-hal atau bsa d’bilang impossible alias gk logis tapi benar dan hrus kita akui keberadaanya, maka dari itu jangan akan goyah sdikitpun iman kita dengan berma’rifat kpada ALLAH SWT.
    smoga kita bisa mnjdi hamba yg di ridhoi ALLAH SWT ! ! !

    • firi jonson
    • Posted Juli 17, 2011 at Minggu, Juli 17, 2011
    • Permalink

    memang bongaklah kau ya,,, tiba-tiba protes macam orang kesetanan tepekong…kau baca dulu sampai abis baru kasih komen!!!! bolot kali kau,

    • acuan
    • Posted Juli 17, 2011 at Minggu, Juli 17, 2011
    • Permalink

    walan,,walan… lu bikin olang cina malulah,,lu baca dululah balu lu komen.. teruklah olang pekak badak.

    • iwan Kp. Kelapa
    • Posted Juli 17, 2011 at Minggu, Juli 17, 2011
    • Permalink

    artikel yang memberikan pandangan dan menguatkan keyakinan kita untuk terus meningkatkan iman dan takwa kepada tuhan yang maha esa akan kebenaran firmannya…

  9. Tu ong bner2 benci org islam pdhl dia tau isi tulisanya apa, apa dia yakin 100% tembok cina yg buat org2 cina…..

    • sang pencerah
    • Posted September 1, 2011 at Kamis, September 1, 2011
    • Permalink

    Islam sedang mencari apakah islam itu ajharan yang benar,apakah AL-QURAN itu benar kata-kata TUHAN yang di wahyukan,dan mereka sedang mencari-cari suatu/sejarah yang akan mendukung bahwa Islam itu ajaran yang dapat membangkan umatnya,dan sesungguhnya orang-orang muslim telah di bodohkan oleh agamanya,yang mengatakan takut karena allah,sembahyang karena allah,berbuat baik karena allah,mendirikan masjid karena allah,Dan pertanyaanya seandainya Allah itu tidak ada?…(apa yg harus kita lakukan?….)

    • datok
    • Posted Maret 11, 2012 at Minggu, Maret 11, 2012
    • Permalink

    santai bro?!

    • RABIL
    • Posted Desember 4, 2012 at Selasa, Desember 4, 2012
    • Permalink

    ORANG UD PADA KEBULAN LU MASIH RIBUTIN YANG BEGINIAN..

  10. artikelnya bagus sekali, terima kasih sharingnya

  11. Assalamu’alaikum
    Ternyata sejarah di balik tembok cina tersebut ada sosok Zulqornain juga ya!

    • Elok
    • Posted Desember 16, 2013 at Senin, Desember 16, 2013
    • Permalink

    .Allah berfirman, “Wahai Zulkarnain, terserah padamu apakah akan engkau siksa kaum itu atau engkau berikan kebaikan pada mereka.”

    Sungguh Allah versi ini tidak mempunyai PENDIRIAN.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s