Skip navigation

Renungan tentang Musibah Alam :
Tanpa mengurang kehebatan tehnologi dalam mencarian sumber musibah maupun tanpa mengurangi rasa keprihatinan yang sedalam-dalamnya atas ujian dan cobaan yang sedang dialami oleh saudara-saudara kita. Semoga Allah Yang Maha Tahu memberikan kekuatan dan solusi yang terbaik. Dan yang meninggal dunia, semoga diterima amal ibadahnya dan diampuni segala dosa oleh Allah Yang Maha Bijak dan Maha Pengampun.

Bukan memaksakan antara tanggal musibah dengan Al Qur’an, tetapi hanya ingin belajar berfikir untuk merenung tanda-tanda kekuasaan Allah dari tanggal tragedi/musibah Alam di Indonesia (Gempa Bumi terdasyat / diatas 5 Skala Richter) dengan Al Qur’an. Yang menjadi renungan adalah kenapa kejadian musibah ini terus menerus, yang menjadi fikiran musibah ini hanya karena kejadian  alam semata (akibat geseran lepengan bumi) atau suatu peringatan melalui suatu sarana……….?.  Wallahu’alam, kebenaran itu hanya milik Allah semata.

SURAT 17. AL ISRAA’ – AYAT 41 :

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِي هَذَا الْقُرْآنِ لِيَذَّكَّرُوا وَمَا يَزِيدُهُمْ إِلا نُفُورًا

“Dan sesungguhnya dalam Al Qur’an ini Kami telah ulang-ulangi (peringatan-peringatan), agar mereka selalu ingat. Dan ulangan peringatan itu tidak lain hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran).”

-0O0-

Sumber :
http://nasional.vivanews.com/
http://samudro.wordpress.com/

Daftar  gempa bumi dasyat di Indonesia sejak tahun 2004.

- 30 September 2009, gempa berkekuatan 7,6 skala Richter di Padang Pariaman telah memporakporandakan sebagian wilayah Sumatera Barat. Bahkan, kota Padang lumpuh dan hancur berantakan. Data sementara menunjukkan 607 korban tewas. Padang dan Pariaman merupakan dua lokasi dengan korban terbanyak. (klik artikel)

30. Ar Ruum – Ayat 9
“Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang sebelum mereka? orang-orang itu adalah lebih kuat dari mereka (sendiri) dan telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. Dan telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak berlaku zalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang berlaku zalim kepada diri sendiri.”

-0O0-

- 2 September 2009, gempa berkekuatan 7,3 SR terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebanyak 46 tewas dan korban luka lebih dari 100 orang.

2. Al Baqarah-Ayat 9
Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.”

-0O0-

- 13 September 2007, gempa berkekuatan 7,8 SR terjadi di Pulau Sumatera, tak ada korban jiwa dilaporkan, gempa merusak sejumlah bangunan.

13. Ar Ra’d-Ayat 9
“Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak; Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi.”

-0O0-

-12 September 2007, gempa berkekuatan 8,4 SR terjadi di Padang, Sumatera Barat. Sebanyak 25 tewas, dan lebih dari 50 orang luka-luka.

12. Yusuf-Ayat 9
“Bunuhlah Yusuf atau buanglah dia kesuatu daerah (yang tak dikenal) supaya perhatian ayahmu tertumpah kepadamu saja, dan sesudah itu hendaklah kamu menjadi orang-orang yang baik.”

-0O0-

- 6 Maret 2007, gempa berkekuatan 6,3 SR mengguncang Pulau Sumatera, sebanyak 52 orang tewas dan 250 orang luka-luka. Dua jam kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 6,1 SR.

6. Al An’aam-Ayat 3
“Dan Dialah Allah (yang disembah), baik di langit maupun di bumi; Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu lahirkan dan mengetahui (pula) apa yang kamu usahakan.”

-0O0-

- 21 Januari 2007, gempa berkekuatan 7,3 SR mengguncang Sulawesi, empat tewasdan empat orang luka-luka.

21. Al Anbiyaa’-Ayat 1
“Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).”

-0O0-

- 17 Juli 2006, gempa 7,7 SR mengguncang Pengandaran dan pantai di Selatan Pulau Jawa, dan memicu terjadinya tsunami. 600 orang tewas dalam musibah itu.

17. Al Israa’-Ayat 7
“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai.”

-0O0-

- 27 Mei 2006, gempa dengan kekuatan 6,2 SR mengguncang Yogyakarta, lebih dari 3.000 orang tewas dalam musibah tersebut.

27. An Naml-Ayat 5
“Mereka itulah orang-orang yang mendapat (di dunia) azab yang buruk dan mereka di akhirat adalah orang-orang yang paling merugi.”

-0O0-

- 28 maret 2005, gempa dengan kekuatan 8,7 SR mengguncang Nias dan Simeulue, 900 orang tewas, ribuan rumah dan jembatan rata dengan tanah.

28. Al Qashash-Ayat 3
“Kami membacakan kepadamu sebagian dari kisah Musa dan Fir’aun dengan benar untuk orang-orang yang beriman.”

-0O0-

- 26 Desember 2009, gempa dasyat dengan kekuatan 9 SR mengguncang Sumatera dan memicu tsunami di beberapa negara, terutama Indonesua. 131. 029 orang tewas, sementara ribuan lainnya hilang. Bencana terparah yang dialami nusantara.

26. Asy Syu’araa’-Ayat 12
“Berkata Musa: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku takut bahwa mereka akan mendustakan aku.”

-0O0-

- 26 November 2004, Gempa 6,4 SR mengguncang Nabire, Papua. 30 orang tewas.

26. Asy Syu’araa’-Ayat 11
“(yaitu) kaum Fir’aun. Mengapa mereka tidak bertakwa ?”

-0O0-

- 12 November 2004, gempa berkekuatan 6 SR mengguncang Alor. Sebanyak 27 orang tewas, ratusan bangunan rata dengan tanah.

12. Yusuf-Ayat 11
Mereka berkata: “Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingini kebaikan baginya.”

-0O0-

- 6 Februari 2004, gempa berkekuatan 6,9 SR dan gempa berkekuatan 7,1 SR pada 7 Februari 2004 mengguncang Nabire, 34 tewas.

6. Al An’aam-Ayat 2
“Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya), kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu).”

-0O0-

2 Comments

  1. Terakhir gempa di chili……yang begitu dahsyat…..8,4 SR efek tsunami nya diperkirakan sampai ke Papua

  2. yg gempa berkekuatan 9 SR itu tgl 26 Desember 2004 kali ! bukan 2009.

    hanya sedikit mengoreksi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s