Skip navigation

Renungan :

Didalam kehidupan manusia tak lepas untuk selalu mencari dan memohon kepada yang memiliki kekuatan Maha Besar dan Kemuliaan (Al Jalal Wal Ikram) dan berhubungan dengan sesama.

Tetapi tidak sedikit manusia didalam kehidupannya tergelincir oleh bisikan syaitan, sehingga merasa paling benar (prilaku menjadi sombong) dan tidak santun. Padahal manusia itu mengakui dan mengingat akan Kebesaran Sang Maha Pencipta.

  • Yang sangat memprihatinkan, tayangan TV dalam acara ” DEBAT “, Masing – masing kelompok mengeluarkan semua jurus/ilmu untuk beragumentasi (tetapi tidak santun) dan saling mengejek……… Apalagi kader/Calon Pemimpin saling menghujat.ย ๐Ÿ˜ฎ
  • Dijalanan……. ” PARA PENDEMO ” yang tidak demokrasi ; …….Menghujat…… merasa paling benar ( membuat prilaku menjadi SOMBONG)……….. memaksakan kehendak……….. ( Main pukul)………….. Akibatnya terjadilah peristiwa di Medan Ketua DPRD meninggal dunia…….(innalillahi wa innailaihi roji’un).ย ๐Ÿ˜ฅ

Harapan :

  • para umara’ (pemimpin) memberi contoh yang santun dan bijak.
  • para ulama’ (tokoh agama) bisa menjaga diri dan umat.

Agarย kekerasan lainnya tidak terjadi, seperti :

  • Guru terhadap murid (pendidikan)
  • Antar murid (pendidikan)
  • Didalam rumah tangga
  • Masih banyak……….ngak percaya, lihat tayangan TV……Indonesia sedang luntur budaya timurnya…..ย ๐Ÿ˜ฅ

Astagfirullahal ‘adim……………………………………………………………..

Subhanallah…..walhamdulillah….walaailaaha ilallah…..wallahu akbar……

Kemulyaan itu milik Allah dan Allah pula yang mempunyai kehendak ;
Jika manusia senantiasa selalu berhubungan baik dengan Allah dan berbuat baik dengan sesama, Allah yang akan menjamin kemuliaannya………

—– 0O0 —–

Judul aslinya :ย  Zikir Yang Justru Mendatangkan Kutukanย Tuhan

Sumber : http://qitori.wordpress.com

Isi Artikel :

Rasulullah saww bersabda : โ€œAllah โ€˜Azza wa Jalla mewahyukan kepada Nabi Dawud as : โ€œKatakan kepada orang-orang zalim, janganlah mereka berdzikir kepada-Ku, karena sesungguhnya, telah menjadi hak-Ku bahwa Aku pasti akan berdzikir kepada orang yang berdzikir kepada-Ku dan sesungguhnya dzikir-Ku kepada orang-orang zalim hanyalah berupa laknat-Ku atas mereka!โ€
(Kanzul โ€˜Ummal hadits ke 7615, Bihar al-Anwar 75 : 319, Mizan al-Hikmah 5 : 607) 1]

Banyak di antara kaum Muslim yang tidak sepenuhnya memahami konsep Hablun Minallah dan Hablun Minan Naas. Ketika Allah Swt berfirman:

“Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada
kecuali mereka berpegang kepada tali Allah (Hablun minallah)
dan tali dengan manusia (Hablun minan Naas)……..”

(QS Surah 3 – Ali Imronย  : 112)

Islam menegaskan bahwa kewajiban setiap muslim tidak hanya terbatas pada hubungan mereka dengan Tuhan saja, tetapi juga kepada makhluk Tuhan lainnya, terutama manusia. Sebagaimana sudah banyak dipahami bahwa ibadah Islam tidak hanya sebatas ibadah-ibadah ritual belaka., tetapi juga ibadah muamalah dan sosial.

โ€œDan Aku tidak menciptakan jin dan manusia
melainkan supaya mereka beribadah kepada-Kuโ€

(QS 51 – Adz Dzaariyat : 56)

Ibadah di dalam ayat ini mencakup ibadah ritual (mahdhah) dan ibadah sosial (muโ€™amalah). Sementara ini kebanyakan kaum Muslim lebih mementingkan ibadah ritual ketimbang ibadah mahdhah, padahal amal ibadah kita kepada Allah SwT tidak akan diterima oleh Allah SwT jika ternyata ibadah sosial (muโ€™amalah) kita buruk.

Rasulullah saww bersabda : โ€œMaa aamana rajulun baata syabโ€™aana wa jaaruhu jaaโ€™i ilaa jaanibih wa huwa yaโ€™lamuโ€ : โ€œTidaklah beriman seseorang, dimana ia kenyang sementara ia mengetahui tetangganya menderita kelaparanโ€ (HR. Bukhari).

Bahkan ayat Qurโ€™an dengan tegas mengatakan orang-orang yang tidak peduli kepada penderitaan orang lain sebagai orang yang MENDUSTAKAN AGAMA, walaupun mereka itu shalat.

โ€œTahukah kamu (orang) yang menudustakan agama?
Itulah orang yang menghardik anak yatim, Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin,
Maka kecelakaanlah orang-orang yang shalat!
Yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya,
Yang (mana) mereka (melakukan segala amal ibadahnya) dengan riyaโ€™
Dan enggan menolong dengan barang yang bergunaโ€

(QS 107 –ย  Al Maa’uun : 1-7)

Saat ini banyak kita saksikan sebagian orang pergi berhajji dan mengeluarkan zakatnya justru dari hasil jarahan atau korupsi. Sebagian lagi kita lihat betapa tekunnya seseorang beribadah di masjid tetapi tanpa disadari tampak kecongkakan di wujud lahirnya karena bangga dengan amal-amalnya (โ€™ujub dan riyaโ€™). Sebagian lagi rajin berdzikir dan nampak senantiasa menggenggam tasbih tetapi dalam waktu yang sama mereka malah merampas hak-hak orang lain. Ada lagi orang yang tidak pernah meninggalkan shalat tahajjud setiap malam, akan tetapi ia sangat kikir alias bakhil.

Inilah contoh orang-orang yang keliru dalam memahami agama. Orang-orang seperti inilah yang seperti dikatakan Allah SwT : โ€˜Jika mereka (orang-orang zalim) ini berdzikir maka Allah pun berdzikir kepada mereka dengan dzikir yang berupa laknat dan kutukan!โ€™.

LAKNAT KEPADA ORANG YANG CONGKAK

Imam ash-Shadiq as berkata :

โ€œALLAH Tabaraka Taโ€™ala berfirman kepada Dawud as :
โ€œKatakanlah kepada orang-orang yang congkak :
โ€œJangan berdzikir kepada-Ku, karena sesungguhnya tidaklah seseorang hamba berdzikirmelยญainkan Aku-pun berdzikir kepadanya.
Adapun jika orang-orang sombong itu berdzikir kepada-Ku
maka dzikir-Ku kepada mereka berupa laknat-Ku atas mereka!โ€

(Mizan al-Hikmah 3 : 416, Bihar al-Anwar 93 : 320)

Begitupun kepada orang-orang yang congkak. Allah SwT sangat benci kepada orang-orang yang congkak. Dzikir saya, dzikir Anda dan dzikir siapa pun tidak akan diterima bahkan dicampakkan disertai laknat jika di dalam hati kita ada sebutir saja kecongkakan.

Imam Jaโ€™far al-Shadiq as berkata : โ€œTidak akan masuk surga seseorang yang di dalam kalbunya terdapat kecongkakan walau sebesar biji merica sekalipun.โ€ 40]

Kecongkakan, kesombongan atau takabbur adalah pakaian Allah, yang tidak seorang pun yang pantas mengenakannya kecuali Dia sendiri.

Imam Muhammad al-Baqir as berkata : โ€œKecongkakan itu pakaian Allah dan orang yang congkak itu adalah orang yang merebut pakaian Allah.โ€

Mengapa Iblis diusir dari surga?
Mengapa Firโ€™aun ditenggelamkan di laut merah?
Mengapa sebagian besar orang menolak kebenaran?
Itu semua dikarenakan kecongkakan yang telah berakar di lubuk hati.


โ€œ……..Sesungguhnya Dia (Allah) tidak menyukai orang-orang yang congkakโ€
(QS 16 – An Nahl : 23)

โ€œDikatakan kepada (mereka) : โ€œMasukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu sedang kalian kekal di dalamnyaโ€. Maka Neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombongโ€
(QS 39 – Az Zumar : 72)

KUTUKAN KEPADA ORANG YANG SUKA BERBUAT MAKSIAT

Allah SwT berfirman : โ€œBerdzikirlah kepada-Ku dengan menaati-Ku
niscaya Aku ingat kepadamu dengan Ampunan-Ku. Barangsiapa yang berdzikir kepada-Ku dengan ketaatannya maka berhaklah Aku ingat kepadanya dengan Ampunan-Ku dan barangsiapa yang ingat kepada-Ku dengan kedurhakaannya (kemaksiatannya) maka berhaklah Aku mengingatnya dengan kutukan-Ku!โ€ (Hadits riwayat Dailami, Ibnu โ€˜Asakir dari Abi Hind ar-Razi)

Betapa banyak orang yang gemar bermaksiat, sering melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah SwT, tetapi dalam waktu yang sama memperlihatkan dirinya kepada orang banyak seolah dia adalah orang yang paling taat kepada Allah.

Naโ€™udzu billah min dzalik โ€“ Kami berlindung dari sifat dan perbuatan buruk seperti zalim, congkak dan kemaksiatan.

Manusia zalim itu mengetahui
beratus-ratus persoalan ilmu pengetahuan,
Tapi dia tidak mengetahui ruhnya sendiri

(Rumi, Matsnawi III : 2648-54)

Catatan Kaki :

1] Allah Swt telah berjanji bahwa Dia akan berzikir kepada orang yang berzikir kepada-Nya : Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat kepadamu. (QS 2: 152)

—– 0O0 ——

Photo Kegiatan ” Hablun minallah – Hablun minan Naas “Menolong korban bencana alam

Mohon pertolongan Allah (Majelis Dzikir)

Kerja bakti

Bermunajat untuk mendekatkan diri kepada Illahi

Gotong royong

BerDzikir atas segala nikmat-nikmat Allah

Menyantuni anak yatim

Berdzikir untuk Berserah diri kepada Allah S.W.T

Menyantuni fakir miskin

Mendekatkan diri kepada Allah

Bersalam salaman (Silaturrahmi)

Alam-pun bertasbih / bedzikir kepada Allah S.W.T

ุชูุณูŽุจูู‘ุญู ู„ูŽู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ุงู„ุณูŽู‘ุจู’ุนู ูˆูŽุงู„ุฃุฑู’ุถู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูููŠู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽุฅูู†ู’ ู…ูู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกู ุฅูู„ุง ูŠูุณูŽุจูู‘ุญู ุจูุญูŽู…ู’ุฏูู‡ู

ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ู„ุง ุชูŽูู’ู‚ูŽู‡ููˆู†ูŽ ุชูŽุณู’ุจููŠุญูŽู‡ูู…ู’ ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ุญูŽู„ููŠู…ู‹ุง ุบูŽูููˆุฑู‹ุง

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

Pohon pun Berdzikir

Laut dan batu karang pun Berdzikir

Batu pun berdzikir

Langit pun berdzikir

Gunung juga berdzikir

Masya allah………Alam Semesta juga berdzikir

Andaikan manusia selalu ingat akan mati…..?

Hanya kepadaMU…ya Allah……aku bersujud

—– 0O0 —–

5 Comments

    • f3
    • Posted April 12, 2009 at Minggu, April 12, 2009
    • Permalink

    subhanallah…..

    Mbah Jogo :
    Terima kasih atas kunjunganya

    Salam Ukhuwah……

  1. Sementara ini kebanyakan kaum Muslim lebih mementingkan ibadah ritual ketimbang ibadah mahdhah
    mungkin yang dimaksud adalah
    menurutku ibadah ritual-ibadah mahdhah
    dan ibadah sosial=ghairu mahdhah

    Mbah Jogo :
    Insya Allah begitulah…..

    QS Al Baqarah 30 :
    Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

    Ternyata Allah menciptakan manusia bukan hanya untuk bertasbih dengan Memuji Allah dan mensucikanNYA (ibadah mahdhah), tetapi Allah punya misi lain yang malaikat tidak mengetahui.

    Salam ukhuwah, semoga membawa manfaat.

  2. oiya aku ambil gambar satu ya he he he
    terimakasihhhh bangeet

    to be the best my friend

    Mbah Jogo :
    You’re Welcome

    • Syahruddin
    • Posted Juli 3, 2010 at Sabtu, Juli 3, 2010
    • Permalink

    1. Doa Utama Ahli Makrifat

    ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ูุŒ
    ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูˆูŽ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู
    Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,
    Yaa Allah Limpahkan Shalawat kepada Muhammad dan Keluarganya
    ูŠุงูŽ ู…ูู‚ูŽู„ูู‘ุจ ุงู’ู„ู‚ูู„ูู€ูˆู’ุจู ูˆุงู’ู„ุฃูŽ ุจู’ุตูŽุงุฑุŒ
    ูŠุงูŽ ู…ูุฏูŽ ุจูู‘ุฑูŽุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ู ูˆูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽู‡ูŽุงุฑู
    Wahai Dzat yang senantiasa mengubah gerak hati dan pandangan
    Wahai Dzat yang mengatur perjalanan siang dan malam
    ูŠุงูŽ ู…ูุญูŽูˆูู‘ู„ูŽ ุง ู„ู’ู’ุญูŽูˆู’ู„ู ูˆูŽุงู’ู„ุฃุญู’ูˆูŽุงู„ุŒ
    ุญูŽูˆูู‘ู„ูŽ ุญูŽุงู„ูŽู†ุงูŽ ุฅู„ูŠ ุฃุญู’ุณูŽู†ู ุญูŽุงู„
    Wahai Dzat Yang mengubah keadaan demi keadaan
    Ubahlah keadaan kami menjadi lebih baik
    2. Doa Keselamatan dari Rasulullah saw
    Dari Rasulullah saw, โ€Barangsiapa membaca doa Ini setiap hari sepuluh kali, niscaya Allah SWT akan mengampuni 40.000 dosa besarnya, serta akan terselamatkan dari sakratul maut dan tekanan himpitan kubur, serta 100.000 bahaya kiamat yang sangat mencekam, juga akan terjaga dari kejahatan syetan dan pasukannya, sekaligus hutangnya akan mudah terlunasi dan kesusahannya pasti sirna; doanya sbb:
    ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ูุŒ ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูˆูŽ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู
    Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang
    Yaa Alaah, curahkanlah salawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad
    ุฃูŽุนู’ุฏูŽุงุฏู’ุชู ู„ููƒูู„ูู‘ ุญูŽูˆู’ู„ูู ู„ุงูŽุฅู„ูŽู‡ูŽ ุฅู„ุงู‘ูŽุงู„ู„ู‡ุŒ ูˆู„ููƒูู„ูู‘ ู‡ูŽู…ู ูˆูŽุบูŽู…ู ู…ูŽุงุดูŽุฃูŽุงู„ู„ู‡ุŒ
    Aku persiapkan diriku pada setiap daya hanya pada Lรข Ilaha Ilallah Dan pada setiap duka dan kesedihanku Mรข Sya AIlah
    ูˆู„ููƒูู„ูู‘ ู†ูุนู’ู…ูŽุฉู ุฃูŽู„ู’ุญูŽู€ู…ู’ุฏูุงู„ูู„ู‘ูŽู‡ุŒ ูˆู„ููƒูู„ูู‘ ุฑูŽุฎูŽุงุกู ุดููƒู’ุฑูุงู„ู„ู‡ุŒ
    Dan pada setiap nikmat pemberian-Nya kepadaku Al Hamduliilah
    Dan pada setiap kemudahan urusanku Syukrullah
    ูˆู„ููƒูู„ูู‘ ุฃูุนู’ุฌูู€ูˆู’ ุจูŽุฉู ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ูˆู„ููƒูู„ูู‘ ุฐูŽู†ู’ุจู ุฃูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ
    Dan pada setiap sifat ujub yang membanggakan diri Subhรขnallah Dan pada setiap dosa kecil dan besarku Astagfirullah
    ูˆู„ููƒูู„ู ู…ูุตููŠู’ุจูŽุฉู ุฅู†ู‘ูŽุงุงู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ูˆุฅู†ู‘ูŽุงุฅู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูŽุงุฌูุนููˆู†ุŒูˆู„ููƒูู„ูู‘ ุถููŠู’ู‚ู ุญูŽุณู’ุจููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ
    Dan pada setiap musibah atas diriku, Innรข Lillahi wa innรข Ilaihi Rรขjiรปn
    Dan pada setiap kesulitan yang menyulitkan atas diriku Hasbiyallah
    ูˆู„ููƒูู„ูู‘ ู‚ูŽุถูŽุงุกู ูˆูŽู‚ูŽุฏูŽุฑูุชูŽูˆูŽูƒู‘ูŽู„ู’ุชู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ูˆู„ููƒูู„ูู‘ ุนูŽุฏููˆู ุฅูุนู’ุชูŽุตูŽู…ู’ุชู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ
    Dan pada setiap Qadรข dan Qadar atas diriku,Tawakkaltu โ€˜Alallah
    Dan pada setiap bahaya musuh, aku berpegang teguh hanya kepada Allah
    ูˆู„ููƒูู„ูู‘ ุทูŽุงุนูŽุฉู ูˆูŽู…ูŽุนู’ุตูู€ูŠูŽุฉู ู„ุงูŽุญูŽูˆู’ู„ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ู‚ููˆู‘ูŽุฉูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠูู‘ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ุŒ
    Dan pada setiap ketaatan dan kemaksiatan yang aku lakukan,
    Lรข Haula walรข Quwwata Illรข billahihil โ€˜aliyil adzim
    (Bacaki 10 Kali)

    • surya
    • Posted April 14, 2013 at Minggu, April 14, 2013
    • Permalink

    subhanalloh,,,
    maha suci alloh, tuhan alam semesta,,

    izinkanlah hamba sllu bersujud kpda-Mu ya alloh… Dan berserah diri hanya kpd-Mu..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: