Skip navigation

KORBAN LEDAKAN BOM – JW MARRIOT

Jumat, 17/07/09, 19:04:47 WIB
http://www.rakyatmerdeka.co.id


Foto salah seorang korban dalam pengeboman di Hotel JW Marriott, Jumat pagi (17/7). Dalam aksi ini sebanyak sembilan orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.Ini adalah aksi pengeboman kedua di JW Marriott setelah Agustus 2003. Selain JW Marriott bom juga meledak di Hotel Ritz Carlton yang berada persis di seberang JW Marriott. Polisi menyatakan bahwa ini adalah aksi bom bunuh diri. ISTIMEWA

-0O0-

Ledakan Di Hotel Ritz- Carlton Dan Hotel JW Marriot

Sumber : http://beritasore.com
Jumat, Jul 17, 2009
Berita Photo

LEDAKAN MARIOTT & RITZ CARLTON : Sejumlah petugas keamanan berjaga di samping puing ledakan salah satu bagian hotel JW Marriott, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat pagi (17/7). Menurut Kepala Pusat Krisis Departemen Kesehatan Rustam Pakaya data korban tewas sementara mencapai 7 orang, 48 orang korban luka berat. Dua ledakan berturut-turut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB Jumat 11 Juli 2009 di Hotel JW Marriott tempat menginap timnas Indonesia dan hotel Ritz Carlton yang rencananya menjadi penginapan tim Manchester United.  ( FOTO ANTARA/Andika Wahyu/hp/09. )

Jakarta ( Berita ) :  Ledakan yang terjadi di dua hotel di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat [17/07] pagi, mengakibatkan bagian depan hotel hancur berantakan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA di Jakarta, Jumat pagi, bagian depan Hotel Ritz-Carlton hancur tepatnya di restoran yang terletak di lantai dua.

LEDAKAN : Sejumlah polisi berjaga di depan lokasi yang menjadi tempat kejadian perkara ledakan yang diduga disebabkan oleh bom di salah satu bagian gedung Hotel Ritz Carlton di Jalan Lingkar Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (17/9) pagi. Ledakan yang diduga disebabkan oleh bom juga terjadi di Lobby Hotel JW Marriot yang berlokasi tidak jauh dari Hotel Ritz Carlton.  ( FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/hp/09.)

Sedangkan hal yang sama juga terjadi di Hotel JW Marriott, yaitu di bagian lobi hotel yang terdapat di lantai dasar. Ledakan terjadi pada sekitar pukul 07.45 WIB, yang pertama terjadi di Hotel JW Marriot, kemudian terjadi di Hotel Ritz-Carlton. Ledakan tersebut tidak diiringi dengan munculnya kebakaran atau kobaran api yang menyebar.

Sementara itu, para korban diketahui dibawa ke sejumlah rumah sakit antara lain RS Jakarta, RS Metropolitan Medical Center (MMC), dan RS Medistra.

Para korban terluka dikabarkan tidak hanya Warga Negara Indonesia, tetapi juga terdapat warga negara asing. Tetapi jumlahnya masih belum dapat dipastikan. Di sekitar lokasi kejadian juga masih tampak dipenuhi warga. Arus lalu lintas di Jalan Casablanca juga mengalami keadaan macet parah.

  • Menko Polhukam Tinjau Lokasi Ledakan

Menko Polhukam Widodo AS datang meninjau ke lokasi ledakan di Hotel Ritz Carlton pada Jumat pagi  sekitar pukul 09.15 WIB untuk melihat kondisi bekas ledakan.

Ledakan di Kawasan Mega Kuningan dua kali terjadi, ledakan pertama sekitar pukul  07.50 WIB di Hotel JW Marriot dan ldakan ke dua sekitar pukul 07.55 WIB di lobi Hotel Ritz Carlton.

Belum ada keterangan mengenai penyebab ledakan tersebut, Dugaan sementara adalah ledakan berasal dari gen set di restoran Erlanggga di Lobi Hotel  Ritz Carlton hingga mengakibatkan kaca-kaca di lobi Hotel hancur.

Sementara itu, para korban luka-luka sudah mendapat perawatan dari petugas medis dan dilarikan ke RS MMC dan RS Medistra. Saat ini para petugas kemanan dan tim gegana Polri sedang menyeldiki penyebab ledakan tersebut.

Dilaporkan ada empat orang meninggal dunia akibat ledakan tersebut, jumlah korban di RS MMC 9 orang.

  • Kapolri Dan Gubernur

Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meninjau lokasi ledakan di kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan, Jumat.

Kapolri dan Gubernur DKI meninjau lantai 2 Hotel Ritz Carlton di mana terdapat restoran yang semua kaca jendelanya retak dan pecah berserakan. Gubernur Fauzi Bowo hanya memberikan sedikit komentar bahwa pihaknya menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus tersebut kepada pihak Polri. “Kami serahkan sepenuhnya kepada pihak Polri,” kata Fauzi singkat.

Senada dengan Gubernur, Kapolri juga belum memberikan keterangan resmi mengenai peristiwa itu. Sejumlah wartawan tampak masih menunggu adanya keterangan resmi pihak Polri.

Hingga saat ini pihak kepolisian juga belum memberikan keterangan resmi mengenai kasus itu khususnya mengenai jumlah korban akibat ledakan itu di kawasan yang banyak dikunjungi warga negara asing (WNA).

Sejumlah saksi mengungkapkan terjadi dua ledakan di kawasan itu. Ledakan pertama terjadi sekitar pukul 07.45 WIB di sekitar Hotel JW Marriots. Sementara ledakan kedua terjadi sekitar 10 menit kemudian di sekitar Hotel Ritz Carlton.

  • Polisi Sudah Amankan Jw Marriot Dan Ritz Carlton

Kepolisian telah mengirim tim reserse dari Polri dan Polda Metro Jaya untuk mengamankan lokasi dua ledakan di Hotel JW Marriot dan Hotel Ritz Carlton.

“Reserse dari Polri dan Polda Metro Jaya telah berada di lokasi untuk mengamankan kejadian dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP),” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Chysnanda, di Jakarta, Jumat.

Polisi saat ini sedang melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab dua ledakan keras di Hotel Ritz Carlton dan Hotel JW Marriot. Menurut dia, dua ledakan di Hotel Rizt Carlton dan JW Marriot Jakarta Selatan, Jumat pagi telah mengakibatkan  enam orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Korban meninggal dan luka-luka telah dibawa ke Rumah Sakit MMC Kuningan dan Rumah Sakit Jakarta, Jakarta Selatan.  Jumlah ini bisa saja berubah karena proses identifikasi masih terus dilakukan tim penyidik Polri di lokasi kejadian.

Wakadiv Humas Polri Brigjen Pol Sulistyo Ishak mengatakan Mabes Polri akan segera memberikan keterangan resmi setelah mendapatkan informasi dari lokasi kejadian.

  • WNA Menjadi Korban

Ledakan di dua hotel berbintang di kawasan Mega Kuningan di Jakarta Selatan, Jumat, juga mengakibatkan terdapatnya sejumlah warga negara asing (WNA) yang menjadi korban terluka parah dan ada yang dikabarkan meninggal. “Saya melihat ada empat orang WNA yang terluka parah,” kata seorang saksi, Alex, kepada wartawan di Jakarta, Jumat pagi.

Menurut Alex, kondisi yang menimpa empat orang WNA tersebut sangat parah di beberapa bagian tubuhnya. Keadaan terluka parah itu, ujar dia, disebabkan antara lain karena luka bakar dan ada yang bagian dalam perutnya terburai keluar.

Kemungkinan jumlah korban, baik WNA maupun Warga Negara Indonesia (WNI) masih akan bertambah karena masih ada lagi yang sedang dievakuasi ke rumah sakit.

Para korban itu segera dibawa ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan berbagai macam kendaraan, antara lain dengan memakai mobil pribadi dan ambulans di sekitar lokasi.

Alex yang kerap berlari pagi di sekitar kawasan Mega Kuningan mengatakan, ledakan pertama terjadi di Hotel JW Marriot dan berselang beberapa menit kemudian terjadi lagi di Hotel Ritz-Carlton. Sedangkan sebelum terjadi ledakan, menurut dia, kondisi di sekitar lokasi tidak ramai atau sepi-sepi saja.

Tempat kejadian perkara (TKP) saat ini telah ditutup oleh petugas kepolisian. Petugas dari Densus 88 juga dikabarkan telah diterjunkan ke lokasi. Hingga kini masih belum ada keterangan resmi tentang berapa jumlah korban jiwa akibat dari peristiwa ledakan tersebut.

  • RS MMC Terima 29 0rang Korban

Rumah Sakit MMC Kuningan telah menerima 29 orang korban ledakan bom di hotel JW Marriot dan Hotel Ritz Carlton yang terjadi Jumat pagi. Hal ini terungkap ketika manajemen rumah sakit menempel nama korban di salah satu pintu masuk rumah sakit.

Berikut nama 29 korban:

Anarianto Makhnbu, Caturindu, Cho Ing Sang, Dadang Hidayat, Geovanni, Hut Bosco Keung, Ibushi Asu, Jame Makkeba, Junita, Jurika Kartika, Kevin, Linda, Marico, Melisa, William, Noke Kiroyan, Oki Utomo, Peter, Regi Aalstad, Rinaldi Domanik, Scott Mirilles, Shweta Shukita, Simon Louis, Sudargo, Yoga, Yurika, Yurike, Yusuf dan Yusuf P. Hingga kini ke 29 korban belum diketahui keadaannya.

  • 10  Korban Ledakan Marriot Dirawat Di RS Jakarta

Sebanyak 10 korban ledakan di Hotel JW Marriot, Mega Kuningan Jakarta, Jumat dirawat di Rumah Sakit Jakarta.

Hasil Pantauan ANTARA di RS Jakarta, Jumat dari kesepuluh korban itu, dua di antaranya adalah warga negara asing yakni Edward Thielsen dan David Fotter.

Sedangkan sisanya adalah warga negara Indonesia  (WNI) antara lain Dewi Lestari, Rini dan Saffan.

Ririn dan Dewi Lestari sudah bisa meninggalkan Rumah Sakit karena hanya mengalami luka ringan sementara korban lainnya masih harus menjalani perawatan secara intensif.

Suasana di RS Jakarta yang terletak di Jalan Sudirman Jakarta itu kini masih ramai didatangi warga Jakarta yang berbaur dengan kerabat korban yang ingin menjenguk korban .

Informasi yang dihimpun ANTARA, di Rumah Sakit, korban Edward Thielsen dirujuk ke RSPP, Jakarta.

Ledakan di dua hotel berbintang di kawasan Mega Kuningan di Jakarta Selatan, Jumat, mengakibatkan  sejumlah warga negara asing (WNA) yang menjadi korban terluka parah dan ada yang dikabarkan meninggal.

Kemungkinan jumlah korban, baik WNA maupun Warga Negara Indonesia (WNI) masih akan bertambah karena masih ada lagi yang sedang dievakuasi ke rumah sakit.

Para korban segera dibawa ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan berbagai macam kendaraan, antara lain dengan memakai mobil pribadi dan ambulans di sekitar lokasi. Tempat kejadian perkara (TKP) saat ini telah ditutup oleh petugas kepolisian. ( ant )

-0O0-

1. Nama-nama Korban yang Dirawat Disejumlah Rumah Sakit di Jakarta

Sumber : http://www.indosiar.com
http://megapolitan.kompas.com

indosiar.com, Jakarta – Ledakan yang terjadi di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton yang terjadi Jumat (17/07/09) pagi, telah menyebabkan puluhan korban luka dan tewas. Sejumlah korban luka segera dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapat perawatan :

  • Korban ledakan bom di Hotel The Ritz Carlton dan JW Marriott yang dirawat di RS MMC :
  1. Andrianto Makhnbu
  2. Catur Rindu
  3. Cho Ing Sang
  4. Dadang Hidayat
  5. Giovani
  6. Hut Bosco Keund
  7. Ibusi Asu
  8. Jame Makeban
  9. Yunita
  10. Yurika Kartika
  11. Kevin
  12. Linda
  13. Mariko
  14. Melisa
  15. William
  16. Noke Kiroyan
  17. Oki Utomo
  18. Peter
  19. Regi
  20. Renaldi Domanik
  21. Simon Luis
  22. Sudargo
  23. Yoga
  24. Yurika
  25. Yurike
  26. Yusuf
  27. Yusuf P
  • Sementara yang dirawat di Rumah Sakit Jakarta :
  1. Sidik Maulana (L/21), menderita sakit kaki kanan. Alamatnya di Mampang Prapatan Tegal Parang. Ia bekerja di Coffee Shop Ritz Charlton, statusnya dirawat di Ruang Aster.
  2. Aryo (L/31), luka di telinga kiri. Alamatnya di Bintaro Sektor 9. Ia bekerja di Ritz Charlton dengan status rawat di Ruang Aster.
  3. Edward Thielsen (L/WN Kanada), Ia menderita luka bakar cukup parah dan saat ini telah dirujuk ke R.S Pusat Pertamina. Ia bekerja sebagai koki di Airlangga Kitchen JW. Marriot.
  4. David Potter (L/WN Amerika Serikat), luka di kedua tangan dan kepala. Saat ini dirujuk ke RS Medistra.
  5. Deni Purwanto (L), Luka di kaki kanan bekerja di JW. Marriot. Statusnya saat ini berada di Ruang Operasi.
  6. Adri Tirta (L/23). Terluka di kepala bagian belakang. Ia tinggal di Jalan Cendrawasi. Saat ini masih di Ruang Operasi.
  7. Dikdik Ahmad Taufik (L/39), alamat Srengseng Bambu I saat ini dirawat di Ruang Krisan.
  8. Dewi Lestari (P/22), beralamat Jl. Empu Tantular bekerja di Panin Bank. Saat ini masih observasi dan berada di rumah sakit.
  9. Ririn (P/25). Bekerja di Panin Bank. Saat ini masih observasi dan berada di rumah sakit.
  10. Henri (L/39), beralamat di Taman Rahayu Regency Bekasi. Ia bekerja di JW Marriot. Saat ini sedang di rawat di Ruang Aster.
  11. Sahman (L/27), beralamat di Kompleks PTM Kelapa Dua RT 008/11 Cimanggis Depok. Bekerja di JW Marriot dan saat ini dirawat di Ruang Aster.
  12. Choirul Anam (L/24), beralamat di Jl. Auri. Bekerja di JW Marriot, saat ini dirawat di Ruang Aster.
  13. M. Roni (L/35). Menderita di bagian pendengaran. Beralamat di Jl. Rasuna Raid Cikokol Tangerang. Saat ini dirawat di Ruang Aster.
  14. Wahidul Kohar (L/32). Menderita di bagian pendengaran. Alamatnya di Jl. Jeruk No.1 Perumnas Bekasi
  • Dirawat di Rumah Sakit Medistra :
  1. Timothy D Mackay (61) asal New Zealand, Presdir Holcim.  (Meninggal)
  2. Belum terdata
  3. Belum terdata

Sementara itu sekitar pukul 14.45 WIB Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri, Juru Kepresidenan Andi Mallarangeng dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengunjungi para korban yang dirawat di Rumah Sakit MMC Jakarta. Kebanyakan para korban yang dirawat ini mengalami luka berat, luka ringan hingga sedang. (Sumber Fokus/Sup)

-0O0-

2. Inilah Nama 16 WNA Korban Bom

Sumber : http://megapolitan.kompas.com

Jumat, 17 Juli 2009 | 11:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga pukul 10.30 WIB, sebanyak 16 warga negara asing yang menjadi korban ledakan di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton, Jumat (17/7), dirawat di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC) Kuningan.

Bagian Hotel JW Marriott tempat terjadinya ledakan

Ke-16 nama warga negara asing tersebut adalah:

1. Giovanni
2. Hui Bosco Keung
3. Ibushi Asu
4. Jame Makkeba
5. Kevin
6. William
7. Noke Kiroyan
8. Peter
9. Scott Mirilles
10. Shweta Shukita
11. Simon Louis
12. Peter Van Wesel
13. Max Bon
14. Gary Ford
15. Cindy
16. James Castle

—– 0O0 —–

3. Polisi Rilis Data Korban Tewas 9 Orang, Luka 53

Sabtu, 18/07/2009 23:56 WIB

Bom JW Marriott & Ritz Carlton
http://www.detiknews.com
Shohib Masykur – detikNews

Jakarta – Pihak kepolisian merilis jumlah korban ledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton. Jumlah korban tewas sebanyak 9 orang, sedangkan korban luka 53 orang.

Seperti dikutip dari TMC Polda Metro Jaya, Sabtu (18/7/2009), dari 53 korban luka, 16 di antaranya adalah warga negara asing (WNA). Sedangkan 37 lainnya warga negara Indonesia (WNI).

Untuk WNA, rinciannya adalah :

  • 3warga Amerika
  • 1 Australia
  • 2 Belanda
  • 2 Kanada
  • 1 India
  • 2 Korea Selatan
  • 1 New Zealand
  • 1 Norwegia.

Dari 36 WNI yang dirawat di rumah sakit, 17 di antaranya sudah dibawa pulang sehingga tinggal 19 orang. Sedangkan untuk WNA tinggal 8 orang yang masih dirawat di rumah sakit.

Rincian korban yang dirawat di rumah sakit adalah sebagai berikut:
RS MMC: 15 Orang (7 WNA & 8 WNI)
RS Jakarta: 10 Orang
RS Pusat Pertamina: 2 Orang (1 WNA & 1 WN)

Dari 9 korban meninggal, baru 1 yang telah berhasil diidentifikasi, yakni atas nama Timothy David Mackay (60 Th), warga New Zealand yang merupakan Presdir PT Holcim Indonesia. Sedangkan sisanya masih dalam proses identifikasi. (sho/sho)

-0O0-

PHOTO TRAGEDI PELEDAKAN BOM DI MEGA KUNINGAN

3 Comments

    • rosa
    • Posted Juli 30, 2009 at Kamis, Juli 30, 2009
    • Permalink

    tuh kasian orang asing yang tinggal diindonesia terkena bom.mereka tidak bersalah.dan menurut aku orang yg tinggal diindonesia itu malahan membuka tenaga kerja/menambah lowongan kerja,tidak membuat keributan.pelaku bom memang keterlaluan .semoga kalian cepat ditemukan .

  1. Wah fotonya komplit n beritanya lengkap nih bos.. lam kenal

  2. ulasan yang lengkap…..salam kenal


One Trackback/Pingback

  1. […] TRAGEDI DAN NAMA KORBAN LEDAKAN BOM MEGA KUNINGAN Ledakan depok – kompas. topik pilihan, Sukara tidak mengajukan eksepsi sidang perdananya hari . akibat ledakan bom 12/9/2012 sore rs polri, jakarta, akhirnya. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: